Selasa, 05 Juli 2016

Apa itu Geologi? Prospek? Dunia Kerja? LENGKAP!!!

Hai...
        Ketemu lagi sama gue, Miss X, ditulisan gue kali ini bakal banyak ngebahas tentang apa itu Geologi, kenapa pilih Geologi, benefitnya apa, kedepannya gimana, pokoknya mencakup pikiran-pikiran lo, lulusan2 muda mudi SMA. Kebetulan gue ini mahasiswa Teknik Geologi UNDIP angkatan 2014 jadi lumayan gue bisa ngegambarin apa sih Geology itu buat ade2 emesh yang mau masuk. So, here we go ^_^

         Apa si Geologi itu? Sebagian besar orang di Indonesia mungkin masih asing mendengar jurusan itu, Yap! Persis banget kaya gue 2 taun yang lalu. Hmmm -.- Jadi, Geologi itu menurut definisi beberapa sumber merupakan susunan dari 2 kata (Geo:bumi ; Logos: ilmu), Nah Geologi berarti ilmu yang mempelajari tentang planet bumi, baik itu secara komposisi, keterbentukannya, dan sejarahnya. Buat lo lo pada yang penasaran banget sama planet kita ini, jurusan ini cocok banget deh ga boong.

         Kalo boleh cerita tentang pengalaman gue kenapa pilih Geologi itu jadi gini. Gue sadar kalo sekarang lulusan S1 ini udah bejibun banyaknya dan uda biasa aja gak WOW kaya jaman dulu, so kesimpulannya peluang kerja semakin sempit. Dengan adanya pikiran kek gitu, gue cari jurusan yang banyak banget ilmu yang kudu dipelajari, benefitnya apa ya biar waktu lulus nanti gue bisa masuk kerja ke bagian mana aja dan peluang gue jadi lebih banyak dibandingkan dengan jurusan lain. Hmmm taktiknya lumayan juga ga? :D Oke skip, mulai ngelantur. 

           Kajian ilmu geologi ini luas banget, diantaranya:
  1. Mineralogi
  2. Petrologi
  3. Sedimentologi
  4. Stratigrafi
  5. Geologi Struktur
  6. Paleontologi
  7. Geomorfologi
  8. Hidrogeologi
  9. Geologi Terapan: Geologi Migas, Batubara, Geohidrologi, Geologi Penginderaan Jauh,    Geologi Teknik, Geofisika, dan sebagainya.
Kayanya sih 9 point diatas itu baru seberapanya doang, lainnya masi banyak lagi, tapi yang terkenal ya 9 point di atas. Nah gimana? Mulai tertarik?

         Mungkin lebih gampangnya, inti dari Geologi yang paling terkenal adalah kuliah untuk bekerja di Perusahaan Minyak dan Gas Bumi dan di Dunia Tambang. Lalu kalo begitu masuk aja di jurusan pertambangan atau perminyakan langsung, ngapain belajar banyak2. Mungkin sebagian orang berpikiran seperti itu. Tapi seperti yang gue bilang di awal tadi, peluang kerja kita makin ketat, dan kalo kuliah di jurusan perminyakan/pertambangan saja nanti kedepannya ruang lingkup kerja kita terbatas, dan kalo kita ditolak di perusahaan minyak/tambang, kita jadi pengangguran dong -.-

        Nah kalo di Geologi kan beda. Semisal kita ditolak di perusahaan Minyak/Gas kita bisa ngelamar di perusahaan lainnya, toh kita para geologist punya banyak keahlian, fosil bisa, air bisa, batuan bisa, research bisa, BMKG bisa, banyak deh pokoknya gak cuma minyak dan tambang doang. Coba deh lo pikirin lagi, jurusan ini recomended banget lho. Tapi disamping itu kita juga harus punya mental dan fisik sekuat baja buat masuk ke jurusan ini, isinya jalan-jalan molo ke lapangan tiap minggunya demi menerjemahkan bahasa bumi yang terselubung guys, hehehe

Bicara tentang prospek dan dunia kerja seorang lulusan GEOLOGI, bakal diulas lebih lanjut di postingan selanjutnya, thank you :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar